Breaking News
Join This Site
Kepala  MTs Muhammadiyah Sumani Wakili Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Kepala MTs Muhammadiyah Sumani Wakili Sumatera Barat ke Tingkat Nasional

Susi Elfina, S.Ag - Kepala MTsM Sumani
Sumani, GermajaNews.com – Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Sumani, Susi Elfina, meraih juara I kategori 'lomba kepala MTs' dalam kegiatan pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017, yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, belum lama ini.

Prestasi tersebut sekaligus mengantarkan MTs Muhammadiyah Sumani yang beralamat di Jalan Kasik Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, dipercaya untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat mengikuti lomba selanjutnya ke tingkat nasional, yang akan dilaksanakan pada September mendatang.

Susi Elfina kepada GermajaNews.com mengatakan, pihaknya telah melakukan segala persiapan untuk mengahadapi lomba tersebut.

"Alhamdulillah, MTs Muhammadiyah Sumani kita terpilih dan meraih juara I untuk kategori kepala madrasah berprestasi tahun 2017, prestasi ini pula akan menghantarkan kita untuk mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional. Semoga kita juga mampu berprestasi membawa nama Sumatera Barat ke tingkat nasional," kata Susi Elfina, kamis (31/8/2017).

Dijelaskannya, kegiatan pemilihan GTK berprestasi dan berdedikasi ini merupakan salah satu program direktur jendral guru dan tenaga kependidikan kementerian agama Republik Indonesia.

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, pasal 40 ayat 2, menyatakan bahwa pendidikan dan tenaga kependidikan memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan tim seleksi saat perlombaan berlangsung, kata susi elfina, khusus untuk kepala madrasah adalah yang sudah menjabat selama dua tahun. Kinerja dan disiplin berikut prestasi- prestasi madrasah dan kepala madrasah yang sudah dicapai juga tak luput dari penilain dalam lomba yang diselenggarakan.

"Dalam kegiatan pemilihan GTK berprestasi kategori kepala madrasah itu kita juga harus punya karya Tulis seperti PTS (Penelitian Tindakan Sekolah). PTS yang saya buat berkaitan dengan manajemen, jadi MTs Muhammadiyah Sumani selama ini manajemennya yang diperhatikan. Seiiring dengan itu, guru- guru di sini seluruhnya harus mengikuti Standart Operasional Prosedur (SOP) yang telah dirumuskan bersama," tutupnya. (Adhan)