Breaking News
Join This Site
Susi Elfina, Kepala Madrasah Berprestasi Ikut Lomba Tingkat Nasional

Susi Elfina, Kepala Madrasah Berprestasi Ikut Lomba Tingkat Nasional

Susi Elfina, S.Ag bersama Tim Visitasi dari Kantor Kementerian Agama
Provinsi Sumatera Barat 
Sumani, GermajaNews.com – (31/08/17) Susi Elfina, S.Ag , Kepala MTs Muhammadiyah Sumani Kabupaten Solok , Sumatera Barat yang meraih juara I dalam lomba kepala Madrasah berprestasi tingkat MTs, selanjutnya akan mengikuti lomba di tingkat nasional pada pada bulan September 2017 di Jakarta. Peserta yang akan mengikuti lomba tingkat nasional ini adalah kepala madrasah, pengawas, dan guru yang meraih juara I baik di tingkat RA, MI, MTs maupun MA di Provinsi Sumatera Barat.
Hal ini disampaikan Susi Elfina kepada wartawan media ini di Sumani, Rabu (30/8) lalu. Pemilihan kepala madrasah, guru dan pengawas berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat  ini telah dilaksanakan pada Awal bulan Agustus 2017. Sedangkan pengumuman hasil perlombaan dilakukan tanggal 31 Agustus 2017. Untuk kepala madrasah ada enam kompetensi yang dinilai dalam perlombaan tersebut, yakni manajamen dan akademik, managerial dan kewirausahaan, keprofesian, sosial, kepribadian, administrasi dan supervisi. “ ini bukan hanya kemenangan kepala Madrasah saja, tetapi ini juga kemenangan kita bersama, termasuk warga madrasah, masyarakat, dan Pihak yang yang ikut mendo’akan” ujar dia.
Dia mengatakan, peserta yang mengikuti tes harus menyiapkan porto folio sesuai dengan pedoman pelaksanaan perlombaan kepala mmadrasah, guru dan pengawas. “ Jadi porto folionya itu mendukung untuk mendapatkan nilai minimal tiga tahun terakhir untuk mendukung penilaian dalam penentuan kejuaraan,” kata Susi Elfina. Sedangkan penguji adalah tim penilai dari Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat  yang sudah mendapat SK atau sudah pernah juara tingkat nasional.

Susi Elfina berhasil meraih juara I dalam pemilihan kepala madrasah berprestasi tingkat MTs karena mengajukan hasil karya tulis (Project Report) tentang Manajemen Citra, yang dipresentasikannya di depan penguji. “ Manajemen Citra: Mendongkrak Prestasi Madrasah dalam Menyongsong Penerapan Kurikulum 2013. Itu yang saya angkat sehingga saya meraih juara I,” kata Susi Elfina menjelaskan.

Dia menambahkan, MTs Muhammadiyah Sumani mempunyai keunggulan– keunggulan, antara lain piagam penghargaan, lomba kaligrafi, Lomba Tahfizh dan Lomba Marching Band tingkat Kabupaten Solok yang dilaksanakan di Koto Baru Solok. Selain itu, MTs Muhammadiyah Sumani memiliki Guru-guru yang memiliki Potensi yang Bagus, antara lain Rina Oktafia yang telah berhasil meraih juara 2 Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Solok dan Ramadhan Fitria yang telah berhasil mengembangkan IT serta sebagai Coach Nasional pada Ikatan Guru Indonesia.

Ia juga berharap pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumatera Barat serta Masyarakat memberi perhatian lebih kepada MTs Muhammadiyah Sumani yang saat ini masih kekurangan ruangan Kelas dan masih menumpang di Gedung Pemuda dalam melaksanakan kegiatan Proses Belajar Mengajar. “Kami hari ini di madrasah memang kekurangan ruangan kelas dan sarana prasaranan dalam menunjang kegatan belajar siswa, kami mengharapkan sekali jika ada pihak yang ikut membantu MTs Muhammadiyah Sumani untuk bangkit, yang selama ini kami berlari dengan kaki patah untuk mewujudkan prestasi madrasah” papar Susi Elfina menjelaskan. (Adhan)

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.