Breaking News
Join This Site
Tingkatkan Ilmu Alqur’an, MTsM Sumani Gagas Program Literasi Qur’ani

Tingkatkan Ilmu Alqur’an, MTsM Sumani Gagas Program Literasi Qur’ani

Sumani, GermajaNews.com – (25/08/17) Literasi Qur’ani berasal dari 2 Kata yaitu “Literasi” dan “Alqur’an”. literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan bahasa tulis dan lisan, pengetahuan tentang genre dan kultural. Sedangkan Alqur’an merupakan Kitab Suci Umat Islam. Jadi Literasi Qur’ani adalah kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi Ini Kandungan Alqur’an yang meliputi Menulis, Membaca dan Mentermahkan serta . Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai Insan yang Berilmu menjadi sadar akan Pentingnya Literasi Qur’ani sebagai Sumber dari Segala Ilmu di Dunia ini.
MTs Muhammadiyah Sumani yang merupakan salah satu sekolah berbasis Agama (Madrasah) agar mampu melahirkan Generasi-Generasi Muda yang Paham akan Alqur’an. Generasi yang akan mampu menjadi Pelopor Dakwah di Tengah-tengah Masyarakat. Generasi yang akan menjadi Pemimpin-Pemimpin Bangsa yang Berjiwa Qur’ani dan Berakhlakul Karimah sesuai dengan Tuntunan Alqur’an. “Kegiatan Literasi Qur’ani ini sudah berlangsung selama 1 Bulan di Madrasah ini, yang berawal dari Tahun Pelajaran 2017/2018, Kami Melaksanakan Kegiatan ini setiap Pagi Sesudah melaksanakan Apel Pagi dan Sebelum melaksanakan Kegiatan PBM. Selama setengah jam kami melaksanakan Kegiatan Literasi Qur’ani ini” Ungkap Arfimasri selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan di MTs Muhammadiyah Sumani.

Adapun rangkaian kegiatan Literasi Qur'ani ini seperti yang disampaikan arfimasri kepada GermajaNews.com yaitu Siswa setelah Apel Pagi kemudian berwudhu dan melaksanakan Sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat, selanjutnya melaksanakan kegiatan Berdo’a bersama dilanjutkan dengan Tadarus Qur’an, menterjemahkan alqur’an serta Penjelasan akan Makna dari Ayat-ayat yang telah dibaca. “Kegiatan Literasi Qur’ani ini biasanya dipimpin oleh ustadz Hidayat selaku Guru Tahfizh dan Bahasa Arab di Madrasah ini” ujar Arfimasri. (Adhan)

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.