Breaking News
Join This Site
Berkurban, Ajarkan Anak Memiliki Jiwa Sosial

Berkurban, Ajarkan Anak Memiliki Jiwa Sosial

Penyerahan Daging Kurban Oleh Kepala TU MTsM Sumani
kepada Siswa
GermajaNews.com, Sumani – (04/09/17) Kebutuhan akan pendidikan pada anak merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri, oleh karena ini melalui pendidikan berkurban yang dilakukan pada setiap bulan Qurban atau bulan haji merupakan mementum bagi sebagian madrasah memberikan pendidikan bagi siswanya agar memiliki jiwa sosial.

Salah satu Madrasah di Kabupaten Solok yakni MTs Muhammadiyah Sumani dalam tiga tahun terakhir terus melakukan terobosan melakukan Donatur Masyarakat dan guru untuk membeli sapi qurban, dan tahun ini memotong Tiga ekor sapi. “Pembelian sapi diperoleh dari Donatur dan Majelis guru  hal ini mengandung makna, juga bantuan dari salah satu orang  tua siswa,  bahwa dalam merayakan Idul Adha atau Idul Qurban  semua komponen madrasah ikut terlibat dalam meningkatkan keimanan, “Terang  Sus Elfina di ruangannya, Senin ( 4/9 ).

Oleh karena itu pendidikan agama melalui berkurban secara tidak langsung sebenarnya talah menjadi benteng bagi proses perkembangan anak, menanamkan pendidikan agama pada anak akan memberikan nilai positif bagi perkembangan anak, sekiranya dengan pendidikan agama tersebut, pola perilaku anak akan terkontrol, dan dapat menyelamatkan anak agar tidak terjerumus dalam jurang pergaulan bebas yang pada akhirnya akan merusak masa depan anak.

Guru Fiqih MTs Muhammadiyah Sumani Elvia menuturkan banyak mamfaat yang dapat diraih dalam berkurban, diantaranya bahwa memaknai dalam qurban adalah sebagai wujud pengorbanan  umat islam yang diawali sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.


Dalam berkurban hikmah yang bisa dipetik, pertama sikap kepedulian sosial, melatih diri menjadi dermawan, meningkatkan ketaqwaan, membangun sikap solidaritas, membantu siswa yang kurang mampu. (Adhan)