Breaking News
Join This Site
Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Forum Kepala Madrasah Gelar Tabligh Akbar

Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H, Forum Kepala Madrasah Gelar Tabligh Akbar

Kakankemenag Kab. Solok bersama Panitia Pelaksana
Sumani, GermajaNews.com – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 H, Forum Kepala Madrasah Kecamatan X Koto Singkarak bersama KUA menggelar Tabligh Akbar yang dipusatkan di Masjid Raya Singkarak, Kec. X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Rabu (20/09), Tabligh Akbar dilaksanakan usai Pawai 1 Muharam dari Pasar Sumani dan Finish di Masjid Raya Singkarak, dengan tausiyah yang dibawakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok (Dra. Alizar Chan, MA).

Antusias masyarakat menyambut Tahun Baru Islam nampak terlihat dengan banyaknya Ummat yang turut hadir pada Tabligh Akbar yang di gagas oleh Forum Kepala Madrasah dan KUA Singkarak, selain dihadiri ratusan masyarakat turut hadir pula, Siswa Madrasah Se Kecamatan X koto Singkarak, BKMT Se-Kecamatan X koto Singkarak, Koramil Singkarak, Para Forkompincam X Koto Singkarak, Polsek Singkarak, Ketua TP-PKK Kecamatan X koto Singkarak dan jajarannya serta Tokoh-tokoh Masyarakat.

Sekretari Camat X Koto Singkarak, Masrizal yang berkesempatan menghadiri Tabligh Akbar tersebut dalam sambutannya mengajak kepada seluruh Ummat Islam untuk memaknai Tahun Baru Hijriah ini untuk lebih memahami posisi dan peran kita sebagai muslim disemua tatanan kehidupan yang kita hadapi.

Dikatakannya juga bahwa melalui momentum ini, kita harus mengambil hikmah dari semangat peringatan tahun baru ini, yaitu semangat untuk meninggalkan hal-hal yang buruk menuju kepada yang lebih baik, berhijrah dari kehidupan dari yang selama ini, mengabdi kepada materi, menuju kepada kehidupan yang mengabdi kepada Ilahi, berhijrah dari kehidupan yang mementingkan diri sendiri, menuju kepada kehidupan yang peduli dan berempati terhadap penderitaan sesama.

"Dalam kaitan tersebut, saya mengajak segenap elemen ummat Islam, khususnya para ulama, Muballig, Ormas Islam, lembaga dakwah dan lembaga pendidikan Islam agar memberi perhatian yang sungguh-sungguh terhadap upaya pembinaan ummat dan kualitas kehidupan beragama, melalui dakwah dan tarbiyah yang menyentuh kedalaman isi dan tujuan dalam beragama yang sesungguhnya."Ujar Pengurus Masjid Raya Singkarak dalam sambutannya.


Alizar Chan saat memberikan tausiyahnya
Sementara itu dalam tausiyahnya, Kakankemenag Kabupaten Solok mengatakan bahwa di dalam AlQuran terdapat penegasan tentang posisi dan peran ummat Islam dinyatakan sebagai sebaik-baik ummat yang pernah dilahirkan di muka bumi ini, oleh karena itu di pundak kita terdapat kewajiban mengajak manusia ke jalan Allah. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Medinah merupakan tonggak sejarah yang telah mengubah peta baru dalam sejarah Islam dan peradaban manusia di mukabumi ini. "Mengenang peristiwa tersebut mengandung hikmah yang besar bagi kehidupan ummat Islam yakni mendorong semangat setiap muslim dimanapun untuk mengembangkan kesadaran dan kesanggupan mengamalkan ajaran Islam, sehingga Islam dapat berperan menjadi kekuatan dalam membangun dan memelihara martabat ummat manusia." tegas Alizar Chan saat mengakhiri tausiyahnya. (Admin)

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.