Breaking News
Join This Site
MTs Muhammadiyah Sumani : ALAM ADALAH SAHABAT GENERASI PEMBELAJAR

MTs Muhammadiyah Sumani : ALAM ADALAH SAHABAT GENERASI PEMBELAJAR




Foto: (Dikutip dari Akun FB Campus Muhammadiyah Sumani)
“Belajar itu proses melahirkan generasi cerdas, berakhlak mulia, berimtek dan imtak, kuat dan senantiasa berfikir positif” Belajar itu juga tak terbatas ruang dan waktu.”

Moto generasi pembelajar di atas tampaknya disambut hangat oleh sekolah-sekolah Islam yang makin gebyar di akhir-akhir ini. Salah satunya di Mts Muhammadiyah Sumani. Sekolah berbasis Islam yang terletak di Sumani Kab Solok ini telah mencetus PAIKEM dalam aktivitas Pembelajaran. Seperti yang kita ketahui, PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan. PAIKEM ini menuntut daya aktivitas, kreatifitas dan ide-ide baru seorang guru untuk menciptakan suatu sistematika pembelajaran yang menyenangkan bagi seluruh siswa, dimana siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. PAIKEM itu sendiri merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran sebagai wujud implementasi dari  Student Centered Learning (CTL).
Foto: (Dikutip dari Akun FB Campus Muhammadiyah Sumani)
Di MTs Muhammadiyah Sumani terlihat pembelajaran PAIKEM dengan menerapkan Perpaduan Lingkungan (Alam) dan IT dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Hal ini tampak dalam beberapa proses pembelajaran yang berlangsung di MTs Muhammadiyah Sumani salah satunya seperti yang terlihat dalam proses belajar-mengajar IPA dengan materi jamur. Dalam proses pembelajaran ini tampak siswa terlibat aktif mencari dan mengamati jamur di pekarangan yang tak jauh dari lokasi sekolah.      
  Proses pembelajaran yang seperti ini tentu saja mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman siswa dan menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Pihak campus Muhammadiyah Sumani melalui akun fbnya menuturkan” MTs Muhammadiyah Sumani menerapkan Perpaduan Lingkungan (Alam) dan IT dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Semoga dapat meningkatkan Prestasi dari Peserta Didik.” Ujarnya. 
Foto Campus Muhammadiyah Sumani.Foto Campus Muhammadiyah Sumani.Foto Campus Muhammadiyah Sumani.
Setiap siswa tampak menikmati proses pembelajaran ini. Tak ada rasa jenuh, tak ada keterpaksaan, yang ada hanya senyum sumringah menikmati indahnya belajar bersahabatkan Alam. Pembelajaran seperti ini terlihat begitu bermakna bagi para generasi penerus yang soleh dan soleha. Hal ini diharapkan jadi motivasi bagi sekolah-sekolah kebanyakan untuk menjadikan PAIKEM berbasis constektual sebagai upaya meningkatkan intelektual siswa seperti halnya juga di sekolah-sekolah berbasis Islam lainnya  seperti di sekolah Islam terpadu, baik TKIT, SDIT maupun SMPIT. Sekolah-sekolah tersebut di atas setali tiga uang dengan MTs Muhammadiyah Sumani juga memilih menerapkan PAIKEM sebagai upaya meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar. Hal ini dilakukan dalam kegiatan belajar di pekarangan sekolah dan juga melalui program penunjang outing class. (Nina Susilawati, S.Pd.I)