Breaking News
Join This Site
MTsM Sumani bekerjasama dengan Puskesmas Singkarak dalam Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda

MTsM Sumani bekerjasama dengan Puskesmas Singkarak dalam Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda

Suasana Pemeriksaan Siswa Oleh Tim Puskesmas Singkarak
Sumani, GermajaNews.com – Siswa merupakan anggota masyarakat yang berusaha meningkatkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. (Wikipedia). Siswa sebagai Generasi Muda mempunyai peranan penting untuk pembangunan negeri serta kelanjutan Estapet Kepemimpinan. Oleh karena itu, Siswa akan menjadi sasaran utama untuk Peningkatan Kualitas Generasi Muda.

MTs Muhammadiyah Sumani sebagai lembaga Pendidikan Swasta yang bergerak di Bidang Pendidikan Agama Islam mengambil peluang ini dengan melakukan kerjasama dengan Puskesmas Singkarak. Adanya kerjasama ini akan memberikan Feed back yang bagus untuk peningkatan Kualitas Generasi Muda terutama untuk Kesehatan Siswa. Tepat pada hari ini (25/09), Puskesmas singkarak melaksanakan kegiatan Screening Kesehatan di MTs Muhammadiyah Sumani. Adapun tim yang didatangkan dari Puskesmas Singkarak adalah Ibu Purnami M. Ningsih, Ibu Novalinda Bayangkari dan Ibu Fitta Wini. Sasaran kegiatan ini adalah Siswa baru tahun pelajaran 2017/2018.

Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS” Ujar Purnami selaku Tim dari Puskesmas Singkarak ke GermajaNews.com.

Tahap awal, Pengisian kuesioner oleh siswa digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat obatan yang sedang dimunim saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang dan sakit kepala berulang.” Jelas Purnami.


Susi Elfina, S.Ag selaku kepala MTs Muhammadiyah Sumani berharap kerjasama ini terus berkelanjutan dan dapat meningkatkan Kualitas Generasi Muda terkhusus untuk Kesehatan Siswa MTs Muhammadiyah Sumani. (Admin)