Breaking News
Join This Site
Pawai Obor Sambut 1 Muharram, Tradisi Ini Dijadikan Agenda Tahunan di Kapuh Sumani

Pawai Obor Sambut 1 Muharram, Tradisi Ini Dijadikan Agenda Tahunan di Kapuh Sumani

Masyarakat yang ikut serta Pawai Obor
Sumani, GermajaNews.com Kelap-kelip  cahaya yang bersumber dari ratusan api obor begitu semarak di sepanjang Jl Lintas Jorong Kapuh Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Rabu malam, (20/9).
Sekitar 300 orang yang teridiri dari Siswa SDN 13 Sumani dan Masyarakat berpakaian muslim begitu bersemangat melakukan pawai obor ini usai Magrib dari Simpang Aripan  menuju Rumah Makan Kapuh Permai dan Finish di Simpang AA Sumani.
Suasana Pawai Obor di Kapuh Sumani
Alunan takbir dan dzikir terus bergema sepanjang pawai yang menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah. Para petugas kepolisian dan TNI dibantu masyarakat pun begitu teratur mengatur jalannya pawai dan lalu lintas.
Dalam kegiatan ini juga dilanjutkan dengan Tausiah di Masjid Al-Islah Kapuh Sumani. Asyaril Huda selaku Wali Nagari Sumani mengatakan, pawai obor yang digelar untuk menyambut tahun baru Islam atau satu Muharram ini memiliki makna sebagai penerangan dan suka cita dalam menyongsong tahun baru.
Asyaril Huda, S.Kom - Wali Nagari Sumani
"Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor sudah lama tidak dilaksanakan makanya pada tahun baru Islam tahun ini Masyarakat Kapuh Sumani bersama Siswa SDn 13 Kapuh Sumani menghidupkan kembali tradisi ini," ujarnya.
Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam ke depannya akan dijadikan agenda tahunan oleh Wali Nagari Sumani di Tingkat Nagari.
"Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya," jelasnya