Breaking News
Join This Site
Pemuaian dan Tekanan

Pemuaian dan Tekanan

MGMP IPA Kab. Solok
Tanpa kita sadari, ternyata di lingkungan sekitar menyimpan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan karya. Hasil tersebut dapat dijadikan sebagai media penunjang proses pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Salah satu bahan tersebut yaitu kaleng bekas minuman ringan, stryrofoam, kawat halus bekas kembang api, korek api, lilin bekas pakai beberapa potong, lem kertas, kardus bekas, paku sebagai pelobang, dan rol, serta cutter.
Bahan-bahan di atas bila dirangkai akan menghasilkan sebuah alat sederhana yang akan membuktikan prinsip pemuaian dan tekanan.
Kaleng bekas minuman ringan, pada bagian atasnya diberi lobang kecil kiri kanan dengan menggunakan paku, dan di bawahnya dipanasi dengan beberapa potong lilin. Kaleng dengan posisi tidur atau rebah diisi dengan air sepertiga volume kaleng. Air yang mendidih akan memuai sehingga uap yang terperangkap di dalam kaleng akan keluar menuju lobang kecil yang dibuat. Sehingga terjadi tekanan yang menyebabkan terbentuknya gaya dorong ke depan.
Pembuktian prinsip pemuaian dan tekanan yang menggunakan bahan-bahan sederhana ini, merupakan salah satu hasil kegiatan MGMP MTs Kab. Solok Tengah di MTsN Koto Baru Solok. Dengan adanya karya ini, diharapkan mampu memotivasi guru-guru IPA lainnya untuk menghasilkan karya sederhana penunjang PBM di sekolah. (Erza Surya Werita)

#MGMPIPAMTsKabSolokTengah

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.