Breaking News
Join This Site
“Ramadhan Fitria” Inspirator Muda Dunia Pendidikan Sumatera Barat

“Ramadhan Fitria” Inspirator Muda Dunia Pendidikan Sumatera Barat

Germajanews.com – Sejak zaman pergerakan nasional Indonesia, peranan pemuda sangat besar, dan dalam perjuangannya banyak melalui pendidikan bangsa. Tengoklah misalnya perjuangan Budi Oetomo, Taman Siswa dan lainnya. Para Founding Fathers pun banyak melakukan pendidikan bangsa, misalnya Soekarno tidak henti-hentinya mendidik bangsa terutama untuk menumbuhkan kesadaran berbangsa, semangat nasionalisme dengan pendidikan politik dan yang juga dikenal dengan nation and character building.
Pada saat ini pemuda juga dituntut untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan. Tentu saja sesuai dengan tuntutan kemajuan dan perkembangan zaman. Para pendidik dituntut bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi harus dapat berperan menjadikan anak didik menjadi manusia Indonesia yang maju, mandiri, bermartabat, bermakna dalam kehidupannya baik dalam hubungannya dengan masyarakat, alam dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Disamping menjadi pendidik yang baik, para pemuda dapat menjadi volunteer yang berjuang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pada masa lalu ada mahasiswa yang dimobilisasi menjadi pendidik secara sukarela terutama di daerah terpencil. Pada saat ini pemuda dapat berinovasi bagaimana berperan untuk membangun bangsa. Bagaimanapun para pemuda saat ini, pada saatnya nanti akan menjadi pemimpin yang antara lain bertanggung jawab untuk mencerdaskan bangsa, karena hal itu merupakan amanat konstitusi.
Sumatera Barat dari Dahulu Kala tidak pernah kehilangan Sosok Pemuda yang berperan dalam Dunia Pendidikan. Peran yang paling penting adalah Sebagai Inspirator dan Motivator untuk Dunia Pendidikan. Dunia Pendidikan hari ini jauh berbeda dari Dunia Pendidikan Masa lampau, Dimana tergantung dengan Perkembangan Zaman. Sosok Inspirator Muda “ Ramadhan Fitria” merupakan Pendidik Muda yang sudah berpengalaman mengajar lebih kurang Lima Tahun pada madrasah Swasta di Kabupaten Solok. Selain sebagai Pendidik, beliau juga Aktif mengembangkan Potensi Diri dan mendalami Dunia Pendidikan terkhusus untuk Organisasi Profesi Guru yaitu Ikatan Guru Indonesia (IGI).
Dari hasil pantauan dan penelusuran GermajaNews selama ini, Sosok Ramadhan Fitria, dalam perkembangan karirnya di Dunia Pendidikan diawali sejak mulai menjadi Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Solok, Sekretaris Wilayah IGI Sumatera Barat, Ketua Umum Ikatan Alumni Pendidikan Biologi (IAPB) Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Ketua Umum Ikatan Guru Mata Pelajaran (IGMP) Biologi Indonesia Pusat, dan menjadi Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia serta dipercaya menjadi Master Coach Nasional Ikatan Guru Indonesia.

Selain tugas utama mengajar, Beliau sering Sharing dan Growing Together bersama Guru-guru Se-Indonesia dalam Dunia Pelatihan. Sosok Muda beliau yang mau terjun di Dunia Pendidikan menjadi Bahagia tersendiri Bagi Guru-Guru Indonesia. Passion yang beliau Kuasai adalah Bidang IT untuk Pendidikan dan Menulis. Dengan kata lain, Untuk Media Pendidikan beliaulah Jagonya.
Pria kelahiran 15 Maret 1993 tersebut, adalah seorang seorang pemuda yang enerjik  yang disukai banyak orang, suka bergaul, amanah, bertanggungjawab, dan bijaksana, sedikit bicara dan banyak bekerja. Kecil kemungkinan sehingga suatu masalah tidak ada yang tak mampu dia selesaikan untuk Dunia Pendidikan. Dengan demikian, Beliau dijuluki sebagai Inspirator Muda dalam Dunia Pendidikan Indonesia, Terkhusus untuk Sumatera Barat. (Admin)