Breaking News
Join This Site
Guru Muhammadiyah ini, Kembangkan Model Plickers Card Zaman Now

Guru Muhammadiyah ini, Kembangkan Model Plickers Card Zaman Now

Siswa kelas VII.A MTs Muhammadiyah Sumani
Solok – Germajanews.com  (22/02/2018) Salah satu guru muhammadiyah yang mengajar di MTs Muhammadiyah Sumani mengembangkan Model Plickers Card untuk pembelajaran siswanya. Model Plickers Card merupakan Model terbaru yang sedang tren pada zaman now ini. Dengan menggunakan metode ini membuat seluruh peserta didik di kelas menjadi aktif. Metode ini juga sejalan dengan apa yang telah dicanangkan oleh pemerintah yang termuat pada kurikulum 2013.

Plickers adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengajar untuk menerapkan tes model multiple choice dengan cara yang tidak kalah serunya dengan model lain. Model ini digunakan tanpa perlu menyediakan komputer untuk masing-masing peserta didik.
Model ini mempunyai keunggulan yang unik dari model lainnya yang bisa digunakan oleh guru. Dengan menggunakan model ini, peserta didik dan guru akan langsung tahu hasil jawaban peserta didik dengan cepat. Disisi lain, model ini dapat mengurangi kecurangan yang terjadi di dalam kelas seperti bertanya jawaban kepada teman sebelah, saling mencontek, saling berdiskusi dalam mengerjakan kuis dan situasi pun enjoy tanpa ada tekanan sedikit pun yang membebani peserta didik.
Saya sangat senang sekali melihat mereka asyik dan aktif dalam belajar. Dengan menggunakan Model Plickers Card ini, siswa yang biasa diam sekarang menjadi aktif untuk belajar dan menjawab Quiz di dalam kelas” ungkap Adhan selaku Pengembang Model Plickers Card.
Suasana pembelajaran dengan Model Plickers Card

Ramadhan Fitria alias Adhan merupakan salah satu team trainer Nasional Ikatan Guru Indonesia. Adhan dikenal sosok guru muda kreatif dan Inovatif dalam dunia pendidikan. Adhan sering terjun melatih Guru-guru Indonesia untuk seluruh wilayah Indonesia. Adhan yang berasal dari Sekolah Muhammadiyah ini juga dipercaya sebagai Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (PP IGI) dengan Jabatan Sekretaris Ketua Harian. Sebagai pemuda pelopor pendidikan, Adhan dinobatkan sebagai Pengurus Organisasi Guru Termuda Se-Indonesia. Pria kelahiran  15 Maret 1993 ini, mampu berkecimpung di tingkat nasional. Adhan juga bersedia melatih guru-guru yang ingin menggunakan model Plickers Card ini.  Bagi Sekolah/Madrasah yang berminat untuk kerjasama bisa menghubungi langsung melalui Telepon/WA: 085274031898 (Admin)