Breaking News
Join This Site
Open Recruitment PIMI untuk Mahasiswa dan Pemuda Tahun 2018

Open Recruitment PIMI untuk Mahasiswa dan Pemuda Tahun 2018

Salah satu ciri terpenting dan utama dari pemuda atau yang mempunyai jiwa muda adalah dalam hal berpikir atau pola pikirnya yang dinamis tidak statis atau linear. Selain dari daya kritis dan daya kreativitasnya yang tinggi, keberadaan pemuda sangat penting dalam setiap masa, maka kebutuhan akan stok pemuda-pemudi  ideal masa depan menjadi suatu keharusan. Bangsa yang besar selain dia adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya juga mereka yang memuliakan generasi mudanya.

Pemuliaan pemuda tidak lepas dari system pendidikan suatu bangsa, system pendidikan suatu bangsa seharusnya juga tidak  lepas dari system nilai yang berlaku dalam keluarga dan masyarakatnya. Profil pemuda-pemudi ideal  yang merupakan output dari proses pendidikan yang benar dapat kita lihat dari gambaran ideal pemuda di masa lalu yang kisahnya telah diabadikan oleh Allah dalam kitab sucinya (Al-Qur’an) dan kitab-kitab sebelumnya atau dalam buku sejarah  perjuangan suatu bangsa. 

Para pendiri bangsa ini dipenuhi oleh sosok para pemuda yang tekadnya kuat, berani menggelorakan kebenaran, dan gigih dalam berjuang. Secara ideal dapat digambarkan bahwa mereka adalah sosok pemuda yang patriotik, kreatif dan solid atau setia kawan. Sesuai dengan fitrah dan fungsinya mereka hadir ke alam dunia ini merupakan hamba Allah, pemakmur bumi dan pemimpin di dalam dirinya, komunitasnya, organisasi dan masyarakatnya.

Mereka sangat menyadari dan memahami benar tentang kebutuhan dasar sebagai manusia yang harus dipenuhi. Sedikitnya tiga macam kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi secara bersamaan dan berkelanjutan, yaitu kebutuhan fisik, kebutuhan akal dan kebutuhan ruhani. Ketiganya mencerminkan tiga unsur dasar dalam penciptaan manusia yaitu fisik (tanah), pikiran (akal) dan psikis (hati dan ruh). Maka materi dan kurikulum pendidikan yang baik adalah harus memadukan atara ketiganya.

Jika diabaikan salah satu dari ketiganya maka akan terjadi ketimpangan, ketidak seimbangan dan ketidak stabilan. Jika hal itu terjadi maka akan terjadi kepribadian yang terpecah,  ganda atau terbelah. Akibatnya ketika ia hadir di tengah-tengah masyarakat maka dia akan menjadi masalah dengan lingkungannya, sosok problem maker atau sampah masyarakat. Dan itu tidak kita harapkan dari mereka para pemuda kita di masa kini maupun masa yang akan datang.

Oleh karena itu, maka *Pergerakan Intelektual Muda Indonesi*  hadir untuk membantu menjawab permasalahan di atas dan ikut serta bersama komponen lainnya untuk menghadirkan solusinya. Melalui proses pendidikan, pelatihan, pembimbingan yang dilakukan secara berkelanjutan maka akan terbentuk pribadi-pribadi yang memiliki bekal dan karakteristik unggulan dan utama. Karakter tersebut terangkum dalam tiga kategori yaitu pribadi yang berdikari, pribadi yang kreatif dan pribadi yang Inovatif.

PIMI mengundang Mahasiswa dan Pemuda Indonesia untuk bergabung bersama di PIMI, Pendaftaran di www.bit.ly/DaftarPIMI

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.